Wanita

Nampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Buruk untuk Kesehatan Mata

Berikut kebiasaan yang bisa membahayakan kesehatan mata dan bulu mata.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi mata. (unsplash)
Ilustrasi mata. (unsplash)

Himedik.com - Area mata menjadi salah satu bagian yang tak lepas dari riasan. Baik karena suka atau tuntutan pekerjaan, banyak wanita yang memakai produk riasan mata setiap harinya, mulai dari maskara, eyeliner hingga eyeshadow.

Semua produk tersebut memang aman digunakan, namun kebiasaan tertentu yang menyertainya justru bisa memperburuk kesehatan mata

Berikut ini dilansir dari The Sun, beberapa kebiasaan yang bisa membahayakan kesehatan mata dan bulu mata.

1. Menggosok mata

Kebiasaan menggosok mata terlalu sering atau keras bisa menyebabkan penipisan kornea, pembuluh darah pecah dan mengakibatkan mata merah dan gelap di bawah mata. Penipisan kornea bisa memicu masalah penglihatan Anda dari waktu ke waktu.

Ilustrasi Mengucek atau menggosok mata. (Shutterstock)
Ilustrasi Mengucek atau menggosok mata. (Shutterstock)

2. Keseringan pakai ekstensi

Pakai ekstensi bulu mata memang bisa membuat tampilan mata lebih indah dan lentik. Tapi, keseringan ekstensi bulu mata bisa menyebabkan infeksi mata, reaksi alergi, dan kerusakan pada bulu mata asli Anda.

Anda harus rutin mencuci bulu mata setiap hari dengan penghapus riasan mata lembut bebas minyak untuk menghilangkan penumpukan kulit mati.

3. Keseringan pakai maskara

Keseringan pakai maskaran bisa membuat bulu mata berantakan atau mengalami kerontokan. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa menyeabbkankerusakan lapisan air mata dan infeksi mata.

Kebanyakan kerusakan memakai maskara terletak pada proses penghapusan riasan, itulah sebabnya menggunakan maskara setiap hari dapat menyebabkan kerusakan bulu mata.

Ilustrasi menggunakan maskara. (pixabay)
Ilustrasi menggunakan maskara. (pixabay)

4. Mencabut bulu mata palsu

Kebiasaan mencabut bulu mata palsu juga tidak baik, karena bisa menyebabkan kehilangan bulu mata. Tak hanya itu, ini juga merusak folikel rambut sehingga tidak tumbuh kembali.

Sebenarnya, penggunakan bulu mata palsu tidak akan merusak bulu mata asli. Asalkan, Anda tidak mengoleskan lem secara berlebihan atau mencabut bulu mata palsu dengan paksa.

5. Berbagi maskara

Berbagi maskara atau riasan apa pun dalam hal ini bisa berisiko besar. Berbagi kosmetik, terutama maskara, eyeshadow dan eyeliner dapat menyebabkan infeksi staph, mata merah, dan kutu pada bulu mata.

Infeksi staph bisa terasa sangat menyakitkan dan menyebabkan kelopak mata merah atau bengkak.

Berita Terkait

Berita Terkini