Wanita

5 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Sebaiknya Dilakukan Rutin

Selain mudah, jalan kaki juga minim risiko untuk ibu hamil.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi perut ibu hamil - (Pixabay/WenPhotos)
Ilustrasi perut ibu hamil - (Pixabay/WenPhotos)

Himedik.com - Meski badan terasa semakin berat karena mengandung, ibu hamil tetap disarankan untuk aktif bergerak. Jalan kaki menjadi olahraga yang sangat disarankan di masa ini.

Karena selain mudah, jalan kaki juga minim risiko untuk ibu hamil. Merangkum dari Hello Sehat, berikut 5 manfaat jalan kaki untuk ibu hamil.

1. Mengurangi varises

Varises menjadi satu dari sekian banyak masalah yang dihadapi oleh ibu hamil. Dengan rutin jalan kaki, dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat varises.

2. Menurunkan risiko preeklampsia

Preeklampsia adalah komplikasi serius yang ditandai dengan tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Meski seorang wanita sebelumnya tidak memiliki riwayat hipertensi, kondisi tetap bisa terjadi saat hamil.

Di sini jalan kaki membantu menjaga berat badan yang sehat selama hamil dan mengurangi kolesterol, sehingga bisa menyeimbangkan tekanan darah.

Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)
Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)

3. Mencegah stres

Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang efektif untuk memperbaiki suasana hati. Wanita hamil yang rutin jalan kaki akan mengalami peningkatan hormon bahagia, endorfin, yang membuat suasana hati lebih baik sehingga meminimalisir stres.

4. Melancarkan pencernaan

Bagi ibu hamil, rutin jalan kaki dapat mengurangi keparahan mual, muntah, diare, hingga sembelit saat hamil.

5. Mempermudah proses persalinan

Otot paha, betis, hingga otot-otot pinggul akan lebih kuat jika rutin jalan kaki. Hal ini sangat baik untuk mewujudkan persalinan yang lebih cepat dan mudah.

Berita Terkait

Berita Terkini