Wanita

Hamil di Usia 40-an? Ini 5 Vitamin yang Penting Dikonsumsi

Apa saja hal yang harus diperhatikan jika hamil di usia 40-an?

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi wanita hamil. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi wanita hamil. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Mayoritas dokter berpendapat kehamilan di atas usia 40 tahun cenderung berisiko, baik bagi ibu hamil maupun janin di dalam kandungan.

Karena itu, seorang wanita perlu usaha lebih dalam menjaga kesehatan saat hamil, salah satunya memperhatikan asupan vitamin.

Berikut beberapa vitamin penting dalam membantu meningkatkan kesehatan selama masa kehamilan.

1. Asam Folat

Untuk mencegah cacat pada sistem saraf bayi, ibu hamil memerlukan asam folat yang cukup. Jika sedang program hamil, disarankan untuk memenuhi asupan asam folat sebanyak 400–800 mikrogram setiap hari.

2. Vitamin D

Kekurangan asupan vitamin D berisiko membuat tulang janin tidak dapat tumbuh secara maksimal. Karena itu ibu hamil dan menyusui wajib memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebanyak 10 miligram.

3. Kalsium

Vitamin penting bagi ibu hamil selanjutnya adalah kalsium. Sama seperti vitamin D, kalsium bertujuan untuk mendukung tulang dan gigi. Asupan kalsium yang dibutuhkan ibu hamil sekitar 1.000 miligram setiap hari.

Ilustrasi ibu hamil (Pexels/Puwadon Sang-ngern)
Ilustrasi ibu hamil (Pexels/Puwadon Sang-ngern)

4. Zat besi

Apabila kekurangan zat besi, ibu hamil lebih rentan terkena anemia. Dampaknya yaitu peningkatan risiko terkena anemia saat lahir, kelahiran prematur, dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

5. Vitamin D3

Mengonsumsi vitamin D3 sebanyak 600 mikrogram per hari ditemukan dapat meningkatkan pertumbuhan janin.

Asupan vitamin D3 yang cukup pada ibu hamil juga dikaitkan dengan penurunan risiko preeklampsia, kelahiran prematur, dan diabetes gestasional.

Berita Terkait

Berita Terkini